1. Apa itu alldeb?

Mengapa alldeb dibuat, dan apa keuntungan menggunakannya.

Alldeb adalah sebuah metode yang membantu Anda untuk menginstall aplikasi di Ubuntu secara single-file (1 file installer untuk 1 aplikasi) tanpa dependensi tambahan pada saat proses instalasi. Kurang lebih seperti .exe pada Windows.

Sebagaimana kita ketahui, Ubuntu menggunakan sistem manajemen paket APT dimana aplikasi terpisah dalam paket-paket kecil yang disimpan di repository. Sistem seperti ini memiliki banyak keuntungan, namun juga memiliki kelemahan yaitu diperlukannya koneksi internet ke repository untuk memperoleh semua dependensi terkait. Dengan demikian, pengguna yang komputernya tidak memiliki koneksi internet, akan mengalami kendala karena kesulitan memperoleh dependensi yang dibutuhkan.

Alldeb hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut!

Pada metode alldeb, aplikasi beserta semua paket dependensinya dikumpulkan dalam satu file yang disebut file alldeb. Dengan telah tersedianya semua dependensi dalam file alldeb tersebut, maka tidak diperlukan lagi koneksi internet selama proses instalasi.

Meskipun tujuan utama metode alldeb adalah untuk membantu pengguna yang tidak memiliki koneksi internet, pengguna yang memiliki koneksi internet pun tetap bisa memperoleh manfaat. Alldeb 100% kompatibel dengan sistem APT, sehingga sama sekali tidak masalah jika sebagian aplikasi Anda di-install menggunakan alldeb dan sebagian menggunakan metode APT biasa.

Berikut beberapa contoh kasus dimana alldeb dapat bermanfaat bagi Anda:

1). Anda pengguna Ubuntu yang tidak memiliki koneksi internet.
Anda hanya perlu membuat file alldeb dari komputer yang memiliki koneksi internet (di warnet, kampus, milik teman, dll), lalu membawa file alldeb tersebut ke komputer Anda. Dengan file alldeb tersebut, Anda tidak memerlukan koneksi internet ke komputer Anda untuk melakukan installasi aplikasi.

2). Ada teman atau kerabat Anda yang menggunakan Ubuntu dan tidak memiliki akses internet.
Anda dapat membuatkan file alldeb untuk mereka, lalu memberikannya agar mereka dapat menginstall aplikasi di komputer masing-masing dengan mudah.

3). Anda adalah seorang administrator di sebuah kantor/sekolah/instasi yang memiliki banyak komputer dengan OS Ubuntu.
Anda dapat menggunakan alldeb untuk menginstall aplikasi di semua komputer tersebut. Anda hanya perlu satu kali koneksi internet untuk membuat file alldeb, lalu menyalin file alldeb ke semua komputer yang ada.

4). Anda ingin menginstall ulang OS Ubuntu di komputer Anda.
Jika Anda menyimpan file-file alldeb yang pernah Anda gunakan, maka Anda bisa menggunakannya kembali untuk menginstall lagi aplikasi-aplikasi Anda setelah install ulang. Hemat waktu dan koneksi internet.

*Note:
Meskipun kami menggunakan Ubuntu sebagai contoh pada panduan ini, hal yang serupa juga berlaku untuk Debian, BlankOn, dan distro lain yang berbasis APT.