4. Menginstall file alldeb

Panduan menggunakan Alldeb Manager untuk menginstall file alldeb

Setelah mendapatkan file alldeb, yang perlu Anda lakukan tinggal menginstall file alldeb itu ke komputer Anda, dan aplikasi Alldeb Manager adalah alat bantu yang kami sediakan untuk keperluan tersebut. Aplikasi Alldeb Manager bertugas untuk membuka file alldeb, membacanya, lalu menginstall-nya ke komputer Anda.

Apabila di komputer Anda belum tersedia aplikasi Alldeb Manager, Anda bisa membaca dari cara installasi. Dan apabila di komputer Anda telah tersedia Alldeb Manager, silakan langsung ke cara penggunaan.


Cara installasi Alldeb Manager

Anda hanya perlu menginstall Alldeb Manager satu kali, lalu menggunakannya untuk mengistall file alldeb kapan pun Anda inginkan. File installer Alldeb Manager kami sediakan dalam bentuk file .deb, namun tidak membutuhkan koneksi internet karena tidak memerlukan tambahan dependensi selama proses installasi.

Langkah-langkah installasi Alldeb Manager adalah sebagai berikut.

1. Download file installer Alldeb Manager. Silakan klik pada link di bawah ini. Sesuaikan dengan jenis arsitektur OS Anda.
  - 32-bit / i386 - (288KB, md5sum: afe37728479e66d130f2825ff22905ae)
  - 64-bit / amd64 - (269KB, md5sum: 524fb3cfb5158e32794fab7375b9edc1)
Versi aplikasi Alldeb Manager saat ini : 1.2

2. Simpan / save file tersebut. Bawa file tersebut ke komputer yang ingin Anda install Alldeb Manager.

save installer alldeb manager


3. Pada komputer yang ingin Anda install Alldeb Manager, jalankan terminal emulator.

4. Pada terminal emulator, pindah directory ke tempat Anda meletakkan file installer Alldeb Manager. Anda bisa menggunakan perintah cd. Misalnya Anda meletakkan file tersebut di dalam directory Downloads, maka perintah yang perlu Anda berikan adalah cd Downloads

pindah directory

5. Ada baiknya Anda juga menggunakan perintah ls untuk menampilkan isi directory. Sekedar untuk memastikan bahwa kita memang telah berada di directory yang benar (directory tempat file installer Alldeb Manager berada).

tampilkan isi directory

6. Sekarang saatnya kita berikan perintah yang paling penting, yaitu;
sudo dpkg -i alldeb-manager_1.2_i386.deb (untuk installer 32-bit/i386), atau;
sudo dpkg -i alldeb-manager_1.2_amd64.deb (untuk installer 64-bit/amd64).
Masukkan password Anda jika diminta (catatan : Ubuntu memang tidak memberikan reaksi ketika kita mengetik password, seolah tidak merespon. Namun tetap ketik saja password Anda, lalu tekan Enter).

sudo dpkg alldeb manager

7. Tunggu hingga proses installasi berakhir.

installasi selesai

8. Selesai.

Sekarang Alldeb Manager telah di terinstall komputer Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menginstall file alldeb kapan pun Anda inginkan.


Cara penggunaan Alldeb Manager

Setelah aplikasi Alldeb Manager tersedia di komputer Anda, berikut ini langkah-langkah penggunaannya untuk menginstall/mengolah file alldeb.

1. Jalankan aplikasi Alldeb Manager dari launcher

alldeb manager launcher

2. Pilih file alldeb yang ingin Anda olah. Klik pada tombol Browse... di sebelah kanan atas aplikasi Alldeb Manager.

browse cari alldeb

3. Akan muncul jendela file selector. Cari letak file alldeb yang ingin Anda olah, lalu pilih. Kemudian tekan OK.

file selector

4. Alldeb Manager akan membaca file alldeb yang Anda pilih kemudian menampilkan informasi di dalamnya. Selanjutnya Anda tinggal mengatur aksi yang ingin Anda lakukan. Yaitu; menginstall file alldeb tersebut, mengekstraknya (menyalin paket-paket .deb yang terkandung di dalamnya), atau gabungan keduanya. Selanjutnya, klik tombol untuk jalankan aksi

baca isi alldeb

5. Alldeb Manager akan memanggil jendela terminal untuk menampilkan proses yang berjalan. Masukkan password Anda jika diminta. Tunggu hingga proses berakhir

alldeb in action

6. Selesai.